Jumat, 21 Juni 2019

Aneka Jenis dan Cara Pesan Nasi Tumpeng Kualitas Premium

Aneka Jenis dan Cara Pesan Nasi Tumpeng Kualitas Premium

Nasi tumpeng identik dengan perayaan yang diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas suatu peristiwa seperti membangun rumah, ulang tahun dan lain sebagainya. Banyak sekali katering yang memasukkan penawaran pesan nasi tumpeng pada menu yang disediakan. Variasi harga yang ditawarkan juga berbeda-beda, tergantung dari jenis acara dan lauk apa saja yang akan digunakan sebagai hiasan pada nasi tumpeng tersebut. 

Anda bisa memesan nasi tumpeng pada penyedia jasa katering atau rumah makan yang menyediakan menu nasi tumpeng dengan kualitas premium. Untuk memilih jenis tumpeng yang Anda inginkan bisa dilihat melalui website yang disediakan oleh penyedia jasa katering lengkap dengan harganya. Berdasarkan acara atau tujuannya, nasi tumpeng dibedakan menjadi 5 jenis yang terdiri dari : 

Tumpeng Pernikahan

Sesuai dengan namanya, jenis nasi tumpeng yang pertama ini dibuat dengan tujuan untuk merayakan pernikahan. Bentuk dari tumpeng jenis ini tidak terlalu runcing. Anda bisa pesan nasi tumpeng jenis ini dan menentukan apa saja lauk yang ingin ditampilkan di sekitar tumpeng tersebut. 

Pada bagian puncak diberi hiasan lombok yang melambangkan lingga atau kesuburan. Sedangkan bagian bawahnya yang agak lebar mengandung makna yoni atau kekuatan. Menu wajib yang harus ditampilkan di sekitar tumpeng adalah lodeh kluwih, jajanan pasar dengan 5 warna, kacang panjang yang dikepang dan diletakkan melingkar di sekeliling tumpeng serta takir pontang. 

Tumpeng Robyong

Dulu, orang yang pesan nasi tumpeng jenis robyong untuk disajikan pada pesta atau acara-acara besar seperti mengusir penyakit, musim panen, meminta hujan dan acara besar lainnya. Namun sekarang tumpeng jenis ini dipesan untuk acara pemberkatan, upacara pernikahan, acara siraman dan syukuran. 

Di Sekeliling tumpeng yang besar, terdapat beberapa tumpeng kecil dan berbagai menu lainnya. Ada bubur merah, bubur putih, palang, bunga kenanga, mawar dan melati untuk melengkapi sajian tumpeng tersebut. Sebagai pelengkap, pada bagian puncaknya ditusukkan sebutir telur ayam, bawang merah, terasi dan cabai. 

Tumpeng Tumbuk

Bagi yang hendak merayakan ulang tahun ke 64 bisa pesan nasi tumpeng tumbuk. Menurut adat kepercayaan masyarakat Jawa dan Cina, angka 8 adalah angka keramat dan 64 adalah hasil perkalian 8 x 8 yang merupakan usia yang istimewa. Ciri khas tumpeng tumbuk ini adalah adanya  kacang panjang yang dikepang dan diletakkan mulai dari puncak sampai ke alas tumpeng. Hal ini melambangkan umur panjang bagi yang merayakannya. 

Tumpeng Pungkur 

Tumpeng yang satu ini disajikan untuk acara pemakaman pria atau wanita lajang. Namun yang tumpeng jenis ini biasanya tidak untuk dimakan, melainkan didiamkan dalam rumah semalaman kemudian dibuang atau dihanyutkan ke sungai. Ciri khas tumpeng ini bentuknya yang dipotong secara vertikal dan diletakkan saling membelakangi. Sebagai hiasannya hanya ditambahkan ketan kolak, sayuran dan apem. 

Tumpeng Megono

Tumpeng yang terakhir adalah tumpeng megono. Walaupun bentuknya sama, namun yang membedakan adalah tumpeng tersebut memiliki isian urap dan telur rebus yang ada terdapat di dalam tumpeng. Banyak yang pesan nasi tumpeng ini untuk acara syukuran kenaikan pangkat atau pindah rumah. 

Tersedia aneka jenis dan cara pesan nasi tumpeng kualitas premium yang bisa dipilih sesuai selera Anda. Hubungi para penyedia jasa katering atau rumah makan yang menyediakan menu nasi tumpeng, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah nasi tumpeng lengkap dengan hiasan yang cantik. 


EmoticonEmoticon