Jumat, 28 Oktober 2022

Daftar Makanan untuk Anak Diare yang Bagus

Makanan untuk Anak Diare

Saat anak Anda terserang diare, sebagai orang tua Anda harus tahu bahwa tidak semua makanan yang kelihatannya sehat bisa dikonsumsi oleh anak-anak yang terserang diare.

 

Karena perlu Anda ketahui sebagai orang tua bahwa dalam memberikan makanan atau minuman untuk anak yang menderita diare itu tidak bisa sembarangan dan harus ada beberapa hal yang diperhatikan dengan saksama.

 

Maka dari itu, terkadang dokter akan memberikan rekomendasi daftar makanan untuk anak diare yang paling aman dan paling tepat untuk dikonsumsi anak. Mungkin Kamu bisa baca-baca di web diarepedia yang memang khusus membahas seputar diare dari Kalbe.

 

Jadi dalam memberikan makanan untuk anak yang terserang diare tidak bisa diberikan secara sembarangan karena orang tua juga harus tahu dalam memilih makanan yang kaya akan nutrisi dan bisa mencukupi setiap kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh anak.

 

Karena jika sampai salah dalam memberikan makanan atau minuman pada anak biasanya bukannya kondisi anak semakin sehat namun yang ada malah kondisi kesehatan anak semakin menurun dan malah membuat kondisi kesehatan tubuhnya menjadi semakin parah. 

 

Diare sebenarnya adalah salah satu kondisi dimana tubuh sedang berusaha untuk mengeluarkan kuman dan bakteri yang sudah masuk dalam tubuh dan membuat kondisi pencernaan menjadi terganggu dan menyebabkan diare.

 

Biasanya jika diare terjadi pada anak, maka penyebab yang biasanya paling sering terjadi adalah karena disebabkan oleh adanya infeksi virus rotavirus. Maka dari itu, supaya tidak salah memberikan makanan, maka dari itu, berikut ini daftar makanan yang sangat bagus untuk anak yang sedang diare: 

 

       Makanan karbohidrat 

 

Jenis makanan pertama yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Sebagai contohnya adalah seperti nasi, roti atau bisa juga sereal dan juga kentang. Tetapi makanan-makanan tersebut berikan pada anak dengan jumlah yang sewajarnya saja dan menurut anjuran dari dokter. Karena jangan asal sembarangan dalam memberikan makanan pada anak karena ditakutkan nanti malah menimbulkan masalah kesehatan yang lain. 

 

       Yogurt 

 

Jenis makanan kedua yang bisa dan sangat cocok untuk diberikan pada anak yang sedang menderita diare adalah dengan mengkonsumsi dan memberikan yogurt pada anak. hal ini dikarenakan yogurt banyak mengandung bakteri baik yang sangat bagus untuk menyembuhkan diare yakni bakteri lactobacillus dan juga bakteri bifidobacterium yang sangat bagus untuk menyembuhkan pencernaan anak Anda yang sedang bermasalah. 

 

       Bubur 

 

Makanan selanjutnya yang bisa Anda berikan untuk anak yang menderita diare adalah bubur. Untuk roti atau nasi bisa Anda olah menjadi bentuk yang lebih lembut supaya pencernaan anak juga tidak semakin buruk karena bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kuncinya adalah berikan makanan yang lebih halus pada anak dari biasanya supaya pencernaan tidak luka. 

 

Di atas adalah beberapa contoh jenis dan daftar makanan untuk anak diare yang dipastikan aman dan tidak memiliki efek samping yang buruk. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa dalam mengkonsumsi makanan untuk anak yang sedang menderita diare itu jangan sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter. Tujuannya adalah supaya nanti anak juga mendapatkan penanganan yang tepat dan tidak membuat kondisi pencernaan anak Anda menjadi semakin terganggu. Maka dari itu, jangan lupa konsultasi dengan dokter untuk masalah kesehatan anak, jika dokter menyarankan untuk memberikan obat diare misalnya, berikan obat di apotik yang sudah terbukti ampun untuk meredakan diare pada anak. 

 

 


EmoticonEmoticon